Skip to content

Tugas Perkembangan Anak, Remaja, Dewasa, dan Orang tua

by tkjrujian on September 20th, 2012

1. Anak-anak
a. Pengertian.
Merupakan masa dimana pertumbuhan fisiknya lebih dominan dibanding dengan perkembangan mentalnya. Oleh karena itu pada masa anak-anak biasanya apabila kebutuhan seperti makanan, mainan, dan bermainnya terpenuhi maka dia akan merasa puas dan bahagia. Masa anak-anak ini biasanya terjadi pada usia < 12 tahun yaitu pada masa TK dan SD.

b. Pertumbuhan
Pertumbuah merupakan hal yang pasti terjadi pada setiap makhluk hidup yang meliputi perubahan ukuran fisik yang secara kuantitatif semakin lama semakin besar atau panjang, contohnya : bertambah tinggi dan bertambah berat badan.
Begitu pula dengan anak-anak pasti mengalami pertumbuah. Pada masa anak-anak terjadi pertumbuah fisik yang sangat pesat diantaranya pertumbuah tinggi yang mencapai 1/3 dari tinggi awal dan dapat bertambah berat 3 kali lipat dari berat sebelumnya.


c. Perkembangan
Berbicara tentang pertumbuhan pasti akan berhubungan/berkaitan erat dengan perkembangan. Perkembangan merupakan perubahan-perubahan dalam aspek psikologis dan sosial, seperti : emosi, bakat khusus, sikap, moral, dan prilaku.
Pada masa anak-anak ini sendiri terjadi beberapa perkembangan yang biasa terjadi yaitu :
1. Dari tidak bisa berjalan menjadi bisa berjalan.
2. Dari tidak bisa membaca menjadi bisa membaca.
3. Mulai menanggapi rangsangan di sekitarnya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan masa anak-anak adalah keluarga, lingkungan tempat tinggal dan sekolah. Untuk faktor yang lebih dominan pada masa anak-anak ini adalah faktor keluarga karena pada masa ini seorang anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan keluarga. Oleh karena itu keluarga harus memberikan kasih sayang, perhatian, pendidikan, memberi kesempatan untuk menyatakan diri dll.
d. Tugas perkembangan
Pada masa ini seharusnya seorang anak sudah mulai belajar membaca dan menulis, mengenal dasar-dasar agamanya, mulai mengenal lingkungannya dan berkomunikasi. Apabila tugas-tugas perkembangan diatas tidak terjadi pada seorang anak maka anak tersebut akan mengalami keterlambatan perkembangan dan akan mempengaruhi mentalnya.

2. Masa Remaja
a. Pengertian
Suatu usia dimana individu menjadi terintegrasi ke dalam masyarakat dewasa, suatu usia dimana anak tidak merasa bahwa dirinya di bawah tingkat orang yang lebih tua, melainkan merasa sama atau sejajar. Masa remaja ini biasanya terjadi pada saat seseorang menginjak bangku SMP dan SMA yaitu usianya sekitar 13-21 tahun.

b. Pertumbuhan.
Seperti halnya masa anak-anak, pada masa remaja ini pula terjadi pertumbuhan fisik yang terjadi pada seorang remaja. Pertumbuhan yang terjadi biasanya adalah :
1. Terjadi pertumbuhan tulang-tulang (badan menjadi tinggi dan anggota badan menjadi panjang)
2. Terjadi pertumbuhan payudara (wanita).
3. Tumbuh bulu yang halus yang berwarna gelap di tangan dan kakinya.
4. Mencapai pertumbuhan ketinggian badan yang maksimal setiap tahunnya.
5. Bulu kemaluan menjadi keriting
6. Terjadi peristiwa haid (wanita).
7. Tumbuh bulu-bulu pada ketiak
8. Testis membesar (bagi laki-laki)
9. Terjadi perubahan nada suara.
10. Mengalami ejakulasi/mimpi basah (laki-laki)
11. Rambut-rambut di wajah bertambah.
12. Tumbuh bulu di dada dan kaki.

c. Perkembangan
Perkembangan merupakan hal yang pasti terjadi pada setiap masa sesorang manusia begitu pula pada masa remaja. Perkembangan yang terjadi pada masa remaja antara lain : Bertambahnya kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang majemuk dan mulai berfikir dengan mempertimbangkan hal-hal yang mungkin disamping hal yang nyata. Dengan kata lain pada masa remaja ini terjadi perkembangan pemikiran menuju kedewasaan.

d. Tugas-tugas perkembangan
Tugas perkembangan masa remaja difokuskan pada upaya meninggalkan sikap dan prilaku kekanak-kanakan serta berusaha untuk mencapai kemampuan bersikap dan berprilaku secara dewasa. Menurut Hurlock tugas-tugas perkembangan adalah :
1. Mampu menerima keadaan fisiknya
2. Mampu menerima dan memahami peran seks usia dewasa.
3. Mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis
4. Mencapai kemandirian emosional dan ekonomi
5. Mempersiapkan diri untuk memasuki perkawinan.

3. Masa Dewasa awal.
a. Pengertian
Merupakan proses peralihan dari masa remaja menuju masa dewasa dalam proses pembentukan jati diri seseorang serta mulai menunjukkan pemikiran, sikap, perilaku yang semakin dewasa sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat. Masa ini biasanya berkisar antara usia 18 – 22 tahun berarti terjadi pada saat seseorang menginjak bangku kuliah.

b. Pertumbuhan
Seperi pada masa anak-anak dan remaja, pada masa dewasa awal ini juga terjadi pertumbuhan fisik namun mulai melambat atau berjalan sangat lambat.

c. Perkembangan
Pada masa ini terjadi berbagai perkembangan yang semakin mengarah kepada sikap kedewasaan. Perkembangan yang terjadi antara lain:
1. Mulai belajar mengembangkan kesadaran diri
2. Mulai berani mengambil keputusan pribadi
3. Belajar mengelola perasaan
4. Belajar menangani stress
5. Belajar berempati
6. Belajar berkomunikasi
7. Belajar membuka diri
8. Belajar mengembangkan pemahaman
9. Belajar menerima diri sendiri
10. Belajar mengembangkan tanggung jawab pribadi
11. Belajar mengembangkan ketegasan
12. Mempelajari dinamika kelompok
13. Belajar menyelesaikan konflik.

d. Tugas Perkembangan
Adapun tugas-tugas perkembangan yang harus dilakukan pada masa dewasa awal ini adalah :
• Belajar berkomunikasi yang lebih baik
• Menata cita-cita yang lebih jelas dan sfesifik
• Terjun dalam organisasi masyarakat
• Berperan aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat

4. Dewasa Akhir
a. Pengertian
Menurut Hurlock dewasa akhir merupakan suatu periode dimana seseorang telah beranjak jauh dari periode dahulu yang lebih menyenangkan. Orang yang dikatakan telah masuk pada masa dewasa akhir adalah mereka yang berusia 22-50 tahun. Pada masa ini seseorang bisa dikatakan telah mampu memenuhi kebutuhan ekonominya sendiri.

b. Pertumbuhan/perubahan fisik
Setiap masa dalam kehidupan seorang manusia pasti akan mengalami perubahan fisik dan hal itu memang suatu yang wajar. Begitu pula pada masa dewasa akhir ini, seseorang akan mengalami beberapa perubahan fisik antara lain :
• Kondisi tubuh mulai menurun
• kulit menjadi kendur
• fungsi sistem jantung dan pernafasan juga menurun (Lahey, 2003).
• Rambut di kepala mulai memutih dan mulai menipis
Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa seseorang yang menginjak dewasa akhir cenderung akan mengalami penurunan kondisi fisik, berbeda dengan ketika seseorang menginjak masa anak-anak dan masa remaja.
c. Tugas Perkembangan
Pada masa dewasa akhir ini seseorang memiliki tugas perkembangan tertentu yang harus dicapai. Adapun tugas-tugas perkembangan yang harus dicapai pada masa dewasa akhir ini adalah :
 Meniti karir
 Mulai membangun rumah tangga untuk melanjutkan keturunan
 Mulai memikirkan investasi untuk hari tua
 Mulai meninggalkan kebiasaan masa remajanya seperti (nongkrong, jalan-jalan dll)
Apabila tugas-tugas perkembangan seperti disebutkan di atas telah tercapai maka seseorang dapat dikatakan sebagai seorang manusia yang normal. Karena apabila dia belum mencapai hal-hal tersebut pada masa dewasa akhirnya maka dia bisa dikatakan mengalami kelainan/keterbelakangan.

5. Orang Tua
a. Pengertian
Ada beberapa pendapat mengenai pengertian dari orang tua itu sendiri. Menurut Bernice Neugarten (1968) James C. Chalhoun (1995) masa tua adalah suatu masa dimana orang dapat merasa puas dengan keberhasilannya, atau dapat kita artikan bahwa masa orang tua adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang.

b. Perubahan Fisik
Pada masa tua/orang tua ini seseorang akan mengalami perubahan fisik yang sangat signifikan pada dirinya. Perubahan fisik yang dimaksud disini adalah mengarah kepada penurunan. Adapun rincian penurunan fisik yang dialami oleh orang tua secara umum adalah sebagai berikut :
1. Pertumbuhan dan reproduksi sel-sel menurun
2. Penurunan Dorongan Seks
3. Penurunan sistem pernapasan, pencernaan dan alat indra.

c. Perkembangan
Perkembangan yang dimaksudkan disini adalah ciri-ciri/tingkah laku dan perasaan yang dialami seseorang ketika telah sampai pada masa tuanya. Adapun perkembangan yang terjadi adalah sebagai berikut :
 Produktivitas mulai berkurang bahkan hampir tidak bisa berkerja/berkarya
 Sifat kekanak-kanakannya mulai kembali
 Mulai dihantui kematian.

d. Tugas-tugas
Pada masa tua seseorang telah mengalami banyak sekali penurunan fisik yang signifikan bahkan ada bagian-bagian tubuh yang tidak bisa bekerja. Oleh karena itu seseorang yang telah masuk usia tua haruslah melakukan tugas-tugas sebagai berikut :
 Mengurangi kegiatan yang membutuhkan tenaga yang lebih.
 Meningkatkan amal ibadah
 Memperhatikan pola makan dan kesehatan

Posted under → dll

No comments yet

Leave a Reply